Inilah Bahaya Cahaya Biru di Smartphone Anda

 on Selasa, 21 April 2015  

Bahaya Cahaya Biru di Smartphone - 9 dari 10 anak muda yang terpapar oleh cahaya biru ponsel di kamar pada malam hari memiliki gangguan tidur, demikian menurut sebuah survei di Inggris.

Survei ini juga menunjukan bahwa sebanyak 28 juta orang di Inggris memiliki durasi tidur tidak lebih dari tujuh jam sehari.
Inilah Bahaya Cahaya Biru di Smartphone Anda
Inilah Bahaya Cahaya Biru di Smartphone Anda
Prof Richard Wiseman, yang mengadakan penelitian mengatakan penemuan ini "cukup mengkhawatirkan."

Dari 2.149 orang dewasa yang disurvei, 78% mengatakan mereka mengecek ponsel atau tablet mereka sebelum tidur.

Angka ini meningkat pada kelompok usia 18 hingga 24 tahun, 91% di antara mereka mengaku menyalakan ponsel di kamar pada malam hari.

"Cahaya biru dari perangkat ini menekan produksi hormon melatonin yang menginduksi tidur, jadi penting untuk menghindari penggunaannya sebelum waktu tidur," kata Prof Richard Wiseman, dari Universitas Hertfordshire.

Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda, tapi orang dewasa umumnya dianggap memerlukan minimal tujuh sampai delapan jam setiap malam.

Remaja direkomendasikan untuk tidur lebih lama, sekitar sembilan jam.

"Hasil (survei) sangat mengkhawatirkan karena tidur kurang dari tujuh jam tidak direkomendasikan, dan hal ini bisa berhubungan dengan berbagai masalah, termasuk peningkatan risiko kenaikan berat badan, serangan jantung, diabetes dan kanker," kata Prof Wiseman.

Pekan lalu ahli mata mengatakan bahwa terlalu sering menggunakan ponsel pintar dapat meningkatkan risiko kerusakan mata.
Inilah Bahaya Cahaya Biru di Smartphone Anda 4.5 5 Pur Wanti Selasa, 21 April 2015 Bahaya Cahaya Biru di Smartphone - 9 dari 10 anak muda yang terpapar oleh cahaya biru ponsel di kamar pada malam hari memiliki gangguan tid...